The Conversation

Itu bukan judul film, tapi suatu situs literasi yang menurut saya menarik dan pantas yang muncul dari dunia akademis, namanya theconversation.com .

Situs ini merupakan jendela bagi masyarakat umum untuk melongok dunia riset akademis, dan demikian juga sebaliknya jendela bagi para periset akademis untuk mempublikasikan gagasan-gagasannya.

Theconversation.com bukan sekedar media online biasa. The Conversation adalah sumber berita dan analisis yang independen dari akademisi dan komunitas peneliti yang disalurkan langsung pada masyarakat. Dengan dukungan ratusan institusi riset dari berbagai dunia dan tentu saja penulis riset yang jumlahnya seabrek, theconversation adalah platform iptek yang luar biasa dahsyat. Apalagi konten yang dipublikasikan berada di ranah creative common license yang bebas digunakan tanpa royalti.

Menurut halaman “who we are”-nya, The Conversation lahir di Melbourne (Victoria, Australia). Platform teknologi inovatif serta tim pengembangan teknologinya bermarkas di kampus di Carlton, Melbourne.

Edisi Indonesia The Conversation, diluncurkan sebagai ‘pilot’, bermarkas di Jakarta. Tim kami adalah bagian dari jaringan internasional editor-editor yang menyelenggarakan edisi Australia, Inggris, Amerika Serikat, Afrika, Prancis, Kanada, serta Global.

Situs The Conversation didukung oleh Open Society Foundation yang mendanai ‘pilot’ The Conversation Indonesia dan kepada Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) yang menjadi tuan rumah The Conversation Indonesia di Jakarta.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *